System Information

Penjelasan Detail Tentang System Information.

System Information (juga dikenal sebagai msinfo32.exe) adalah jendela yang menunjukkan rincian informasi tentang konfigurasi hardware, komponen komputer, dan perangkat lunak (Software), termasuk driver pada komputer Anda.

System Information tidak seperti DirectX Diagnostic Tools (dxdiag) yang hanya memberikan informasi tentang perangkat komputer secara ringkas. Tetapi keduanya bisa Anda jadikan Referensi/acuan yang berkaitan dengan Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Yang Menggunakan OS Windows.
  • Untuk melihat System Information, Anda bisa melakukan dengan cara: Klik Start menu Windows, ketik System Information kedalam kotak Search, kemudian klik atau tekan enter pada icon System Information yang muncul.
System Information

Daftar kategori System Information berada di panel sebelah kiri, dan rincian tentang masing-masing kategori berada di panel sebelah kanan. 
Kategori tersebut meliputi:
  • System Summary. Menampilkan informasi umum tentang komputer dan sistem operasi, seperti nama komputer dan produsen, jenis input dasar / output system (BIOS) yang sedang digunakan pada komputer Anda, jenis processor, dan jumlah memori (RAM) yang terpasang.
  • Hardware Resources. Menampilkan rincian tentang hardware komputer Anda, dan ditujukan untuk profesional TI. Sub kategori untuk Hardware Resources meliputi informasi tentang: Conflicts/Sharing, DMA, Forced Hardware, I/O, IRQs, dan Memory.
  • Components. Menampilkan informasi tentang disk drive, perangkat suara, modem, dan komponen lain yang diinstal pada komputer Anda. Sub kategori untuk Components meliputi informasi tentang: Multimedia, Input, Network, Ports, dan Storage, . 
  • Software Environment. Menampilkan informasi tentang driver, koneksi jaringan, dan rincian lainnya yang terkait dengan program. Sub kategori untuk Software Environment meliputi informasi tentang: System Drivers, Environment Variables, Print Jobs, Network Connections, Running Tasks, Loaded Modules, Services, Program Groups, Startup Programs, OLE Registration, dan Windows Error Reporting.
System Information

Untuk menemukan spesifikasi informasi item yang detail dalam System Information, Anda bisa melakukan dengan cara mengetik jenis informasi yang Anda inginkan pada Find whatkemudian klik tombol Find di bagian bawah jendela panel. Sebagai contoh, jika Anda ingin menemukan alamat protokol internet (IP) komputer Anda, ketik jenis IP address ke dalam kotak Find what, kemudian klik Find.

Anda juga dapat menyimpan System Information dengan mengklik File, klik Save, ketik nama untuk file, pilih lokasi penyimpanan, dan kemudian klik tombol Save. Windows menyimpan informasi ini dalam format file NFO. Jika Anda memiliki masalah dalam membuka file ini, Anda dapat menyimpan System Information dalam format file TXT dengan mengklik File, klik Export, ketik nama untuk file, pilih lokasi penyimpanan, dan kemudian klik Save.

 _____________________________________________________________________ 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: