Tips Menjalin Ikatan Dengan Anak

Rutinitas sehari-hari dirumah bisa menguatkan ikatan emosi anda dan si kecil, yang sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembangnya.

Ikatan emosional, khususnya antara ibu dan anak, sesungguhnya telah mulai terbentuk sejak si anak masih berada dalam kandungan. Kontak yang terjalin antara seorang ibu dan bayinya yang baru lahir selanjutnya akan berkembang lebih jauh menjadi keterikatan emosional yang dalam. Sayangnya, kesibukan merenggangkan ikatan emosional ibu dan anak. Bagaimanapun ibu adalah figur yang kehadirannya paling diperlukan seorang anak dalam kehidupan sehari-hari.

Investasi Berharga

Ikatan emosional yang erat antara ibu dan anak akan mempengaruhi perkembangan fisik, perilaku dan kepribadian anak. Pengaruh ini sudah banyak dibuktikan oleh para peneliti. Di antaranya, hubungan emosi yang baik antara ibu-anak akan menambah jumlah sel-sel saraf di otak. Kedekatan emosional ini juga akan meningkatkan kecerdasan emosi anak. Anak pun menjadi lebih peka, mudah beradaptasi, dan bertanggung jawab. Kedekatan ibu dan anak juga akan menurunkan tingkat hormon stress anak yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Anda perlu berupaya membangun kedekatan emosi dengan kedekatan emosi dengan anak. Dengan ikatan emosi yang di jalin sejak dini, anak akan memiliki dasar penting untuk pembentukan kharakternya. Ini merupakan investasi berharga yang bisa anda berikan kepada anak.

Dari Kegiatan Sehari-hari

Ibu yang sibuk sekalipun harus meluangkan waktu untuk berkomunikasi, bercanda dan merawat serta mengasuh anak. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mendekatkan hubungan ibu dengan anaknya:

 Bermain
Anak-anak butuh bermain. Karena itu bermainlah bersamanya. Kesempatan ini dapat dipakai untuk menjalin komunikasi dan menunjukkan bahwa anda ada untuknya, bahkan untuk diajak bermain.

 Membacakan cerita
Jangan malas meluangkan waktu untuk bercerita dan mendengarkan cerita anak. Dan aktivitas ini akan terbangun komunikasi dan interaksi yang dapat menumbuhkan kedekatan anda dengan si kecil.

 Rutinitas sehari-hari
Kedekatan dapat dibentuk melalui bebrapa cara, antara lain dengan kontak kulit melalui kegiatan sehari-hari, dari memandikan, memakaikan baju atau memijat.

 Mandi yang menyenangkan
Menjalin ikatan emosi ibu dan anak bisa dilakukan melalui mandi bersama. Aktivitas sederhana ini merupakan cara berkomunikasi yang sangat efektif untuk menginformasikan kasih sayang dan kehadiran anda bagi si kecil. Mandi bersama akan mempererat ikatan emosi anda dan si kecil. 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: