Penyebab Rasa Nyeri Di Dada

Rasa nyeri di dada bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, antara lain:
- Nyeri dada kiri karena penyakit payudara.
- Nyeri dada kiri karena kelainan otot-otot.
- Nyeri dada kiri karena penyakit jantung.
- Dan lain-lainnya.

Bila anda melakukan SARARI (pemeriksaan payudara sendiri), harus dilakukan 7 hari setelah menstruasi bersih. Dengan cara, tangan kiri diletakkan dibelakang kepala, tangan kanan melakukan gerakan memutar payudara dari ketiak menyusuri seluruh payudara.

Bila terdapat benjolan, maka segeralah periksakan ke dokter untuk segera ditangani lebih lanjut dan dilakukan pengobatan. Bila ada ke khawatiran mengarah pada penyakit jantung, sudah tepat anda berkonsultasi pada dokter jantung.

Sebenarnya, sangat penting untuk disebutkan, apakah anda sudah melakukan pemeriksaan rekam jantung atau EKG (Elektro Kradio Grafi). Dari pemeriksaan ini dapat ditentukan arah diagnosis.

Obat Isosorbid Dinitrat, memang terkadang mempunyai efek samping pusing. Ketika timbul efek ini, anda harus melapor kepada dokter semula. Biasanya akan ditentukan apakah perlu diturunkan dosisnya, apakah dirubah cara minumnya. Bahkan bila perlu diganti jenisnya.

Agar tidak sakit kepala, untuk itu saya anjurkan anda berkonsultasi lagi pada dokter spesialis jantung. Mungkin, atau bahkan anda tidak perlu minum obat lagi. 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: