Mengobati Diabetes Dengan Mahkota Dewa

DM (Diabetes Militus) adalah suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah (glukosa darah) akibat kekurangan insulin, baik absolut maupun relatif.

Seperti suatu mesi, badan memerlukan bahan pembentuk sel baru dan pengganti sel yang rusak. Badan juga memerlukan energi supaya sel badan dapat berfungsi dengan baik. 

Pada manusia bahan bakar itu berasal dari bahan makanan yang kita makan sehari-hari, yang terdiri dari karbohidrat (gula dan tepung-tepungan), protein (asam amino), dan lemak (asam lemak).

Di dalam tubuh, zat makanan terutama glukosa dibakar melalui proses kimia yang rumit, yang hasil akhirnya adalah timbulnya energi. Proses ini disebut metabolisme. 

Dalam proses metabolisme itu, insulin memegang peran yang sangat penting yaitu bertugas memasukkan glukosa ke dalam sel, untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai 
bahan bakar. Insulin ini adalah suatu zat atau hormon yang dikeluarkan oleh sel beta di pankreas (sebuah kelenjar yang letaknya di belakang lambung).

Penyebab DM antara lain: obesitas terutama yang bersifat sentral (bentuk apel); diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat, kurang gerak badan, dan faktor keturunan.

Obat diabetes ada bebrapa macam, baik yang secara herbal maupun obat anti diabet oral. Para ahli farmakologi yang tertarik pada pengobatan herbal menyebut mahkota dewa dapat digunakan untuk obat DM.

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) termasuk pohon perdu anggota family Thymelaecae. Pohon ini terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah. Bentuknya bulat seperti bola. Ukurannya bervariasi, dari sebesar bola pingpong sampai sebesar apel merah. Penampilannya tampak menawan, merah menyala.

Dari penelitian ilmiah yang sangat terbatas diketahui bahwa mahkota dewa memiliki kandungan kimia yang kaya. Itu pun belum semuanya terungkap. Dalam daun dan kulit buahnya terkandung beberapa zat, antara lain saponin. Saponin dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Tetapi, untuk mengetahui efek pada tubuh penderita harus dilakukan pengecekan gula darah secara rutin. Apabila kurang berhasil tentu harus menggunakan obat anti diabet yang diperoleh di apotek melalui resep dokter.

Penyakit DM sebenarnya dapat ditekan sehingga seolah-olah sembuh, apabila kita dapat mengatur diet secara tepat dan olahraga secara rutin sehingga tidak "kambuh lagi". 

Adapun diet untuk orang diabet dilakukan seumur hidup. Apabila mengonsumsi makanan-makanan yang meningkatkan gula darah tentu dapat menyebabkan kekambuhan (misalnya makanan atau minuman yang manis-manis, makanan berkalori tinggi, terlalu banyak nasi, roti, mie, dan lain-lain).

Agar gula darah tidak sering tinggi tentu harus makan makanan yang kalorinya ditentukan oleh ahli gizi, dalam hal ini ahli gizi akan memberi jadwal makan untuk penderita DM. Untuk itu, anda dapat berkonsultasi di poli gizi di rumah sakit. Olahraga secara teratur dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal.

Apabila seseorang sudah di diagnosa dengan DM, tentu sulit untuk sembuh total. Namun dapat ditekan gula darahnya sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di atas dan sebaiknya kontrol secara rutin ke poli DM di rumah sakit. 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: