Cara Membuat Bayi Tertawa

Ada 1001 jenis kegiatan atau aktivitas yang dapat membuat si kecil tertawa dan merasa senang. Tapi, tentu saja harus sesuai dengan umur dan tahapan perkembangan yang dicapai si kecil. Dan jangan lupa, dalam melakukannya, sertailah dengan rasa cinta dan kasih sayang Anda. Berikut ini beberapa contohnya:

● Umur 0-3 bulan:
- Sering-seringlah tersenyum pada si kecil, sambil tatap matanya. Ubah-ubahlah mimik wajah anda, sambil keluarkan suara-suara lucu. Dan lihatlah, bagaimana si kecil akan merespons anda.
- Cium dan tiuplah bagian dada dan perut telanjang si kecil, ketika anda usai memandikannya. Biasanya bayi akan merasa geli dan tertawa terkekeh.

● Umur 4-6 bulan:
- Ajaklah dia bermain 'ciluk ba'. Gunakan handuk lembut, atau kain yang halus untuk menutupi wajahnya, kemudia biarkan dia sesekali membuka sendiri penutup wajahnya, dan 'menemukan' anda.
- Angkatlah tubuh si kecil seakan-akan dia terbang. Lakukan beberapa kali. Biarkan dia menikmati sensasi yang timbul. Si kecil biasanya akan tertawa senang.

● Umur 7-9 bulan:
- Beri si kecil mainan yang bisa bergerak, dan letakkan dilantai dengan jarak beberapa meter. Biarkan dia 'bersusah payah' merangkak untuk mendapatkannya.
- Beri cermin yang cukup besar, dan biarkan dia mengamati wajahnya di cermin.

● Umur 10-12 bulan:
- Beri si kecil mainan tahan air, ketika dia dimandikan. Biarkan dia mengeksplorasi air dengan mainannya.
- Beri dia sejumlah mainan yang tahan banting, dan sebuah kotak. Ajak dia memasukkan dan mengeluarkan mainan ke dalam kotak.

Dan ketika dia berhasil mengatasinya dengan menggunakan potensi yang dimilikinya, pada saat itulah dia akan menemukan rasa bahagia yang sejati. kebahagiaan yang berasal dari dalam dirinya.

Nah, sebelum memberinya kesempatan untuk belajar, dan mengalami rasa sakit, sedih, marah dan berbagai keadaan 'tidak enak' lainnya, cobalah lakukan sesuatu bersama si kecil yang dapat membuatnya tertawa. sebab, tak ada suara yang lebih indah dan merdu di telinga anda, selain suara tawa ceria si kecil, bukan? 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: