Tips Sehat Makan Daging

Daging adalah konsumsi yang baik bagi asupan gizi di tubuh manusia, tapi bila kita mengkonsumsinya berlebihan maka akan terkena kolesterol dan bahkan hipertensi. Menurut para ahli gizi, daging merupakan makanan yang sangat berguna untuk di konsumsi. Daging adalah makanan sumber protein dan lemak, dengan kandungan protein kurang lebih 19 mg/100 g. Daging juga merupakan sumber vitamin B, folat, mineral, natrium, sumber zat bezi, zinc atau seng, dan lain-lain. Hal tersebut menjelaskan pentingnya daging terutama untuk masa pertumbuhan.

Seperti kita ketahui, protein adalah zat pembangun yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak, berfungsi dalam pembentukan hormon, enzim, dan antibody, mempertahankan keseimbangan asam basa, merupakan sumber panas dan energi. Sedangkan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Lemak menghasilkan energi membawa vitamin A, D, E dan K yang larut dalam lemak, memberikan asam lemak esensial yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan kesehatan kulit.

Kekurangan protein dapat menyebapkan mudah lelah, kehilangan selera makan, gangguan pertumbuhan, dan bengkak. Kekurangan lemak dapat menyebapkan penyakit kulit dan gangguan pertumbuhan.

Sedangkan kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan bermacam-macam penyakit, antara lain: kurang darah, kelemahan, gangguan jantung, kelemahan otot, mual-mual dan lain-lain.

Namun, harus diingat, daging termasuk makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, yaitu: daging sapi total lemaknya 14% sedangkan daging kambing total lemaknya 9,2%. Jadi daging sapi mempunyai lemak yang lebih tinggi di banding daging kambing. Bila mengkonsumsi daging terlalu banyak, tentu kurang baik bagi orang dewasa yang cenderung menderita kolesterol tinggi.

Daging mempunyai kadar natrium yang tinggi terutama daging kambing, sehingga perlu berhati-hati mengkonsumsinya untuk penderita tekanan darah tinggi. Dengan demikian,ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi daging antara lain:

1. Daging bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebapkan hipertensi atau hiperkolesterol, namun bila dikonsumsi dalam jumlah secukupnya tentu aman saja.
2. Kita perlu mengkonsumsi daging sesuai dengan kebutuhan, terutama pada masa pertumbuhan.
3. Agar kesehatan kita aman, ketika makan daging, imbangi dengan makan buah-buahan yang berserat tinggi, seperti apel, pir, belimbing, dan lain-lain.
4. Mengkonsumsi daging tentu menyehatkan tubuh, tapi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita dan disesuaikan dengan penyakit yang mendasari.
5. Mengkonsumsi mentimun setelah makan daging menguntungkan, karena mentimun mengandung serat dan kalium yang tinggi. 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: