Penyebab Asi Berbeda Warna

Asi terkadang warnanya beda, ada yang berwarna bening dan kadang berwarna putih susu. Kandungan asi berbeda antara satu ibu dengan ibu lainnya, yang hidup diiklim berbeda, cuaca berbeda, dan waktu penyusuan yang juga berbeda. Beberapa hal dibawah ini adalah beberapa keajaiban asi antara lain:

Iklim dan cuaca
Asi pada ibu yang berada didaerah dingin cenderung memiliki kandungan lemak lebih tinggi daripada asi ibu didaerah tropis. Ini karena bayi di negara dingin perlu lemak lebih banyak untuk bertahan dari serangan dingin. Sementara bayi di daerah tropis memerlukan air lebih banyak agar bayi bertahan terhadap panas dan keluarnya keringat.
  
Umur kehamilan
Asi pada ibu yang melahirkan bayi prematur cenderung mengandung lemak lebih tinggi daripada ibu yang melahirkan dalam waktu yang normal. Ini karena bayi prematur itu perlu mengejar "ketertinggalan" bobot badannya yang lebih rendah daripada bayi yang lahir normal.
  
Waktu keluar
Asi yang keluar pada masa 10 menit pertama cenderung lebih bening daripada asi pada masa sekitar 20 menit kemudian. Ini karena pada masa sekitar 10 menit pertama, pabrik asi cenderung mengeluarkan vitamin dan air disebut foremilk. Lemak baru banyak keluar setelah menit ke 15-20 menit berikutnya disebut hind milk.

Asi pertama keluar
Ibu yang baru pertama kali mengeluarkan/menyusui bayi warna asinya cenderung berwarna putih kekuning-kuningan dan asi ini disebut asi yang banyak mengandung kolostrom yakni sangat baik buat kekebalan tubuh bayi, jadi asi pertama ini sangatlah wajib diberikan sang ibu kepada buah hatinya dan warna asi yang berbeda-beda itu normal saja dan semuanya sangat baik dan penting untuk bayi kita. 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: