Inner Beauty + Outer Beauty = Complete Beauty

Hampir semua wanita selalu ingin dikatakan cantik. Menghiasi wajah dengan memakai make up dan berbusana dengan pakaian yang indah-indah adalah sebuah usaha untuk menampilkan kecantikan dirinya. Ketika akan keluar rumah baik untuk bekerja, berbelanja, berkumpul dengan teman-teman, lebih-lebih akan pergi ke pesta, para wanita selalu berdandan agar tampil cantik.
Anehnya meskipun sudah berdanndan, sebagian besar wanita justru sering merasa bahwa dirinya belum cantik. Meskipun sudah menggunakan pakaian yang indah, serta dilengkapi dengan perhiasan mewah, mereka masih saja merasa kurang cantik. Wanita sering merasa kurang puas dengan kecantikannya, selalu merasa ada yang kurang dalam dirinya, yang membuatnya kurang percaya diri. Setelah berdandan, seorang wanita masih perlu bertanya kepada suami atau orang lain:"Gimana, aku cantik gak, ya? Begini sudah bagus, ya?". Mereka masih perlu pengakuan orang lain bahwa dirinya cantik. Demikianlah, mengubah penampilan luar tidak serta merta membuat mereka merasa benar-benar cantik.

Lalu, wanita yang benar-benar cantik itu wanita yang seperti apa ya?. Apakah wanita yang berkulit putih, berhidung mancung, atau yang bertubuh langsing? Kalau harus demikian, alangkah tidak beruntungnya wanita yang berkulit coklat, tidak berhidung mancung, dan bertubuh subur.

Setiap orang mungkin mempunyai definisi masing-masing tentang kecantikan. Tetapi pada umumnya, kecantikan wanita selalu dikaitkan dengan penampilan yang nampak dari luar alias outer beauty. Sedangkan kecantikan yang tumbuh dan memancar dari dalam diri seringkali luput dari perhatian. Pernahkah anda menjumpai wanita yang secara fisik cantik, tetapi anda tidak merasa nyaman ketika berada di dekatnya? Anda tidak suka dengan wanita tersebut karena setiap bertemu dengannya ia selalu mengajak bergunjing, atau berkomentar negatif. Atau kalau diajak bicara suka "gak nyambung".
Nah, disinilah masalahnya. Kecantikan fisik atau outer beauty saja belumlah cukup. Kecantikan yang utuh tidak hanya ditunjang dengan penampilan luar, melainkan harus pula diikuti dengan kecantikan yang tumbuh dari dalam hati. Itulah kecantikan hati atau inner beuty.
Mempercantik diri tidak cukup dengan mencari solusi di luar dirinya, karena kecantikan sesungguhnya ada di dalam dirinya sendiri. Untuk benar-benar merasa cantik, seorang wanita juga perlu memiliki inner beauty. Bila seorang wanita memiliki keduanya, yaitu outer dan inner beauty, maka lengkaplah kecantikan wanita tersebut. 
Itulah complete beauty yang akan membuatnya tampil mempesona.
Demi memiliki outer beauty, yaitu penampilan luar yang cantik, para wanita rela membayar mahal untuk belanja kosmetika, melakukan perawatan tubuh dan wajah di salon kecantikan, membeli pakaian, sepatu dan tas yang fashionable, serta membeli berbagai aksesori dan perhiasan.

Namun untuk memiliki inner beauty, berapa rupiahkah investasi yang sudah dikeluarkan? Untuk membangun kecantikan yang terbit dari dalam dirinya, apa saja yang telah dilakukan? Di sini kita bisa menilai, telah berimbanglah usaha untuk mempercantik outer beauty dan mempercantik inner beauty?
Bila untuk mempercantik penampilan luar, tersedia banyak sekali salon kecantikan. Maka untuk mempercantik diri dari dalam, dimanakah salonnya?

Sebenarnya, salon kecantikan hati itu ada di dalam forum-forum kajian yang mempelajari Al Qur'an dan As Sunnah. Juga ada di dalam buku-buku pengembangan diri yang membangun pikiran positif, emosi positif dan membangun jiwa positif. Salon kecantikan hati itu ada di dalam kajian-kajian ilmu, forum-forum ta'lim, juga pelatihan-pelatihan yang mempercantik pikiran, perasaan, dan akhlak. Tetapi sekali lagi, berapa rupiah, dan berapa banyak waktu yang kita investasikan untuk mempercantik inner beauty kita?. Sekali lagi, berimbangkah? Mari kita renungkan...!!!

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: