Perbedaan Sleep dan Hibernate serta Hybrid Sleep

Sleep, Hibernate dan Hybrid Sleep adalah fitur untuk mode daya canggih yang ada pada OS Windows 7 dan OS Windows 8 (dan yang pasti juga akan ada pada edisi semua Windows setelahnya) dengan dukungan versi Bios yang terhubung dengan ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang merupakan sebuah standar industri untuk mendefinisikan fitur Power Management dan konfiguirasi informasi lainnya.


Perbedaan Sleep dan Hibernate serta Hybrid Sleep

Berikut penjelasan detail antara Sleep, Hibernate dan Hybrid Sleep:

Sleep 

Sleep adalah keadaan power-saving yang memungkinkan komputer kembali beroperasi dengan full-power (daya penuh) setelah beberapa detik. Dalam keadaan Sleep biasanya media input seperti, flashdisk, Media player, Display layar dll akan berhenti akses (bukan stop engine) secara otomatis (tergantung dan sesuai pengaturan mode Sleep), dan Anda bisa memulainya lagi jika menginginkanya, karena semua program aplikasi pada memory (RAM) masih bisa dijalankan kembali.

Boleh dibilang, kalau Sleep itu seperti manusia dalam keadaan tidur, beda dengan mati atau kondisi Shut down yang menutup semua program.

Dalam jangka waktu pendek jika Anda ingin menggunakan lagi komputer tersebut, Anda lebih baik menggunakan log off Sleep, dari pada komputer harus di Shut Down atau log off secara Hibernate. Karena pada metode Sleep, beberapa dokumen dan program yang terbuka masih tersimpan pada RAM dan siap untuk di jalankan lagi secara instan. Beda dengan Hibernate, yang menyimpan dokumen yang sedang terbuka dan program pada hard disk.


Hibernate 

Hibernate adalah keadaan hemat daya (power-saving) yang dirancang terutama untuk laptop dengan menempatkan dokumen yang sedang terbuka dan program tersimpan pada hard disk dan kemudian mematikan komputer secara otomatis (bukan Shut down).
Jadi Hibernate beda dengan Sleep, yang menyimpan mereka pada Memory (RAM). 

Pada Laptop, Anda bisa gunakan Hibernate jika Laptop tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak punya kesempatan untuk mengisi baterai.


Hybrid Sleep 

Hybrid Sleep merupakan kombinasi dari Sleep dan Hibernate menempatkan dokumen terbuka dan program dalam memori dan hard disk, dan kemudian menempatkan komputer ke dalam keadaan low-power (daya rendah) sehingga Anda dapat dengan cepat melanjutkan pekerjaan Anda. Dengan begitu, jika terjadi kegagalan daya, Windows dapat mengembalikan pekerjaan Anda dari hard disk Anda.

Ketika Hybrid Sleep diaktifkan, secara otomatis komputer Anda bisa berstatus Sleep dan beberapa saat kemudian akan berstatus Hibernate.

Hybrid Sleep dirancang terutama untuk komputer jenis kemasan desktop, dan biasanya sudah diaktifkan secara default yang juga terdapat tombol manual pada Start menu Windows.
 _____________________________________________________________________ 

Jika Anda ingin melakukan setting atau pengaturan waktu untuk Sleep, Hibernate dan Hybrid Sleep, lihat artikel tutorial Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid Sleep otomatis , atau Anda lihat juga artiket tutorial tentang Cara Menampilkan Tombol Sleep atau Hibernate Pada Start Menu Windows untuk mempermudahkan Anda mengkondisikan Laptop atau Desktop pada kondisi Sleep dan Hibernate secara manual.

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: