Cara Menonaktifkan Startup Produk (Disable Startup Items)

Komputer mengikuti daftar instruksi setiap kali di ON, melakukan tugas-tugas dan memulai program. Dengan menonaktifkan item yang tidak perlu dari daftar ini, waktu startup pada komputer akan meningkat lebih cepat, dan ini merupakan satu langkah maju untuk tujuan meningkatkan kinerja komputer yang menggunakan OS Windows

Perlu Anda ketahui bahwa dengan beberapa item yang akan dinonaktifkan dapat menyebabkan aspek komputer untuk program/aplikasi berfungsi beda dengan sebelumnya (misal jika startup bluetooth dinonaktifkan, berarti Anda harus mengaktifkan bluetooth secara manual ketika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut), atau anda jangan menghilangkan centang pada item yang berlabel manufacturer microsoft dan program security (seperti anti virus), teliti dulu setiap item yang mungkin Anda perlu tahu tentang item tersebut serta penjelasannya. Tetapi Anda jangan khawatir untuk melakukan langkah ini, sekalipun Anda menonaktifkan semua item pada daftar ini, operating system pada komputer tidak akan rusak, karena item-item tersebut tetap akan berfungsi, hanya saja terbuka secara manual ketika ada file yang harus extract dengan item/program tersebut.

Berikut langkahnya :
  • Klik menu Start Windows, ketik msconfig ke dalam kotak pencarian, kemudian klik atau tekan enter pada icon yang muncul.
Cara Menonaktifkan Startup Produk (Disable Startup Items)
  • Ketika muncul System Configuration Utility, pilih tab Startup
  • Pilih item startup yang akan dinonaktifkan dengan cara menghilangkan centang pada kotak item daftar startup.
  • Setelah Anda yakin dengan beberapa pilihan item yang akan di nonaktifkan, Klik Apply, kemudian Klik OK. 
Cara Menonaktifkan Startup Produk (Disable Startup Items)
  • Ketika Anda diminta untuk merestart komputer, klik Restart.
Cara Menonaktifkan Startup Produk (Disable Startup Items)
  • Setelah Windows Restart, Anda mungkin akan diminta tentang perubahan yang telah dilakukan. Centang kotak berlabel Do not show this message dan klik OK.
  • Jika muncul masalah setelah Anda memodifikasi daftar item startup, kembali ke System Configuration Utility dan kembali memeriksa item yang dinonaktifkan.
 _________________________________________________________________________ 

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: