Cara Memperbaiki Memory Card

Memory rusak (bukan rusak secara fisik, tapi rusak secara system extract) biasanya salah satu penyebab handfhone Anda menjadi Blank atau Loading ketika file di buka pada memory card tersebut terlalu lama dan file yang ada pada kartu memori kadang tidak terbaca.
Semakin banyak jumlah file dan pola pemakaian serta intensitas extract file dari memory card tersebut, akan mendekati kondisi sector data yang kurang Fix dan jumlah x % Fragmentasi (Fragmented) yang tinggi.
Kadang bisa juga di karenakan ada beberapa jenis dan type file yang tidak competible untuk di buka dengan OS handphone / ponsel / HP / Anda.
Jadi untuk permasalahan seperti ini, Anda jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk melakukan tindakan Format pada Memory Card Anda yang bisa berakibat hilangnya semua file yang ada pada Kartu Memori.
Cara ini bisa Anda buktikan pada semua jenis kartu memori seperti Micro SD atau lainnya, Flashdisk, dan Hard disk External..

Berikut Langkahnya : 
  • Pertama, Pasang Memory Card ke Card Reader atau sejenisnya, atau Anda juga bisa langsung menggunakan Handphone Anda yang terhubung dengan kabel data. kemudian tancapkan (Plugged in) di port USB pada komputer (Desktop  / Laptop / Notebook / Netbook) Anda. Tunggu proses Windows Explorer mendeteksi Memory Card Anda hingga selesai dan identitas Removable Disk Drive terbaca lengkap.
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Klik Kanan pada Removable Disk tersebut, kemudian Pilih Properties.
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Pada Console Removable Disk Properties yang muncul, pilih Tab Tools, kemudian klik Check Now.
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Centang juga kotak Scan for and attempt recovery of  bed sectors pada Check Disk options yang muncul (pastikan kedua opsi tersebut tercentang semua), kemudian klik Start.
Cara Memperbaiki Memory Card
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Tunggu hingga proses Checking Disk selesai.
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Klik See details pada notification Your device or disk was successfully scanned  (disini Anda bisa melihat detail jumlah partisi, file, folder dan beberapa file yang di alokasikan untuk di Fix  ) yang muncul, kemudian klik Close.
Cara Memperbaiki Memory Card
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Klik kanan kembali pada Removable Disk tersebut, Pilih Properties, kemudian pilih Tab Tools, dan klik Defragment Now untuk memulai perbaikan Sectors Memory Card Anda.
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Klik Drive target (jika drive menunjukkan status Never Run seperti yang terlihat pada gambar, berarti Memory Card Anda sama sekali belum pernah mengalami proses ini ). Kemudian klik Analyze disk, tunggu hingga proses analisa selesai untuk mengetahui jumlah (% fragmented) sectors disk yang akan di Defrag.
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Jika proses Analyze disk selesai dan menunjukkan jumlah x % fragmented, klik Defragment disk, (besar kecilnya jumlah % fragmented akan berpengaruh pada lama dan tidaknya proses ini,yang artinya,semakin besar jumlah % fragmented, akan membutuhkan banyak  waktu pada tahap eksekusi). Tunngu hingga proses Running selesai.
Cara Memperbaiki Memory Card
Cara Memperbaiki Memory Card
  • Jika eksekusi Defragmenter sudah selesai dan menunjukkan 0%, berarti Memory Card Anda sudah sukses di eksekusi dengan hasil dan kondisi baik, tapi jika status masih di atas 0% atau masih 3% atau 5% atau anu ini inu %, berarti ada beberapa file di Memory Card Anda yang rusak, dan perlu di hapus secara manual (tapi sebelum di hapus, Anda bisa mengecek kembali file tersebut, Biasanya file rusak berupa video, atau nama file yang terlalu panjang dan mengandung beberapa karakter selain abcdef......z, Coba Anda me-Rename pada file tersebut kemudian ulangi metode Check now dan Defragment now seperti cara sebelumnya).
  • Kemudian klik Close.
 _________________________________________________________________________ 

Tips dan trik diatas sebenarnya bukan saja hanya untuk bertujuan memperbaiki Memory Card, tapi juga bisa untuk merawat dan menjaga Memory Card dari kerusakan yang fatal, karena semua Memory Card pasti mengalami Fragmentasi (Fragmented) jika file-file yang ada pada Memory Card tersebut sering extract dengan OS dan media aplikasi yang ada pada handphone (misal: pemutar music, pemutar video, Photo viewer dan penggunaan screen saver), yang bisa berakibat jumlah nilai Fragmentasi akan bertambah tinggi hingga diatas 10% pada sector data Memory Card.

Cepat dan tidaknya nilai Fragmentasi yang membengkak juga bisa disebabkan dari jumlah file yang ada pada Memory Card tersebut (yang biasanya sudah sekitar 2 GB atau lebih). Kemudian, pola pengoperasian handphone yang terkait dengan file yang ada pada Memory Card juga salah faktor penyebab cepat membengkaknya jumlah Fragmentasi.

Indikasi untuk gejala bila jumlah Fragmentasi sudah terlalu tinggi biasanya akses OS handphone akan menjadi lambat atau kurang responsif saat membuka beberapa file yang ada pada memory Card.

Jadi, Anda jangan menunggu Memory Card rusak untuk melakukan tips dan trik diatas.

__________________________________________________________________________
Lihat Juga 25 Artikel Terbaru Dari Kategori Yang Sama: